Minggu, 02 Januari 2011

siapa bilang anak paskibra ga bisa nge-dance ? disini jawabannya (pic+video)



BISMILLAHIRAHMANIRAHIM


Berhubung banyak yang nanya “apa sih pbb musik itu ?”,”gw denger anak paskib pada jago nge-dance ya?” n bla bla bla.....

Nah sekarang waktunya saya untuk menjelaskan apa itu pbb musik/pbb+/pbb plus,tapi sebelumnya akan saya jelaskan apa itu paskibra dan paskibraka..

Paskibra adalah singkatan dari Pasukan Pengibar Bendera dengan tugas utamanya mengibarkan bendera dalam upacara peringatan proklamasi kemerdekaan Indonesia,pengibaran bendera pada hari senin,dan hari-hari besar nasional di sekolah yang bersangkutan.

Sementara Paskibraka adalah singkatan dari Pasukan Pengibar Bendera Pusaka dengan tugas utamanya mengibarkan duplikat bendera pusaka dalam upacara peringatan proklamasi kemerdekaan Indonesia di Istana Negara. Anggotanya berasal dari pelajar Sekolah Lanjutan Tingkat Atas kelas 1 atau 2. Penyeleksian anggotanya biasanya dilakukan sekitar bulan April untuk persiapan pengibaran pada 17 Agustus di beberapa tingkat wilayah, provinsi, dan nasional.

Macam-macam lomba di ekskul paskibra :

-         LTUB (Lomba Tata Upacara Bendera)

Lomba tata Upacara Bendera adalah lomba bagaimana cara pasukan membuat fariasi seunik mungkin,sekompak mungkin serta menjalankan seluruh perintah/aba-aba yang wajib ada dalam Tata Upacara Bendera dengan baik dan benar.

-         LBB/LPBB (Lomba Baris-Berbaris/Lomba Peraturan Baris-Berbaris)

Lomba Baris-Berbaris adalah lomba bagaimana pasukan mengompakkan serta merapihkan barisannya untuk menjalankan seluruh perintah/aba-aba yang ada,mulai dari pbb dasar (hormat,hadap kanan/kiri,dll) sampai pbb berjalan (belok kanan/kiri,dua kali belok kanan/kiri,dll)

-         Variasi dan Formasi (Vafor)

Variasi dan formasi adalah gerakan-gerakan indah yang memadukan gerakan-gerakan pbb dasar dan pbb berjalan dengan tidak menghilangkan aturan-aturan yang ada.Biasanya vafor diselipkan pada akhir LTUB dan LBB/LPBB, dan memiliki kriteria tersendiri dalam penilaian seperti keindahan,kekompakan,dll

Nah yang terakhir lomba yang lagi nge-trend di sekitar Jabodetabek yaitu PBB plus (pbb+),pada dasarnya lomba ini formatnya sama seperti LBB/LPBB namun pada vafor diselipkan musik,dance,marching band dsb.


latar belakangnya sih simple,agar paskibra tetap exis dengan kegiatannya,sebab makin hari paskibra makin kurang diminati. Karena persepsi generasi muda sekarang cenderung berfikir paskibra itu panas-panasan,cuma baris-baris doank,item-iteman dan dimarah-marahin/dibentak-bentak. Nah dengan adanya PBB+ banyak manfaatnya yaitu orang akan lebih berkreatifitas lagi dan PBB-nya dibawa enjoy terutama pada saat vafor.

Sebagai perumpamaan,dulu anak kecil belum kenal Handphone tetapi sekarang anak TK saja sudah banyak yang memegang Handphone,jadi maknanya jaman sekarang sudah berubah dan bertambah maju. Jadi paskibra juga harus mengikuti zaman agar tetap eksis dan tidak dilupakan orang,oleh sebab itu kemasannya pun harus diubah,lomba tidak hanya memakai baju PDU (Pakaian Dinas Upacara) saja tapi sudah mulai berkreasi dalam kostumnya,supaya enak dilihat.

Nih “penampakan-penampakannya” :







foto-foto diatas merupakan anggota paskibra dari SMPN 111 Jakarta Barat atau dikenal dengan sakakibara cxone (paskibra-nya paling eksis sejabodetabek loh hehe) yang sedang tampil dalam lomba yang diadakan oleh paskibra phoenix (nama lain paskibra sman 26 jakarta),berhubung saya tidak punya video mereka pada saat tampil,saya akan memberikan video ketika "kakak" mereka tampil yaitu SMAN 6 Jakarta Selatan (6 mahakam) :


atau bisa juga lihat langsung di youtube : PASKIBRA SMA 6 JAKARTA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman